Haejanguk

HAEJANGUK

Korea Selatan memang terkenal dengan kecintaannya terhadap alkohol. Terlebih ketika pada tahun 1970an sampai 1980an perekonomian negeri ginseng ini perlahan membaik, sebuah budaya kemudian muncul. Budaya tersebut tidak lain adalah budaya untuk makan malam dan minum bersama rekan kerja. Budaya perusahaan yang satu itu pun masih bertahan hingga saat ini. Di balik kecintaan masyarakat Korea untuk minum alkohol, mereka juga memiliki banyak rahasia cara untuk menghilangkan mabuk dengan cepat. Salah satunya dengan memakan Haejangguk, sup penghilang mabuk yang ampuh dari Seoul.
Dikutip dari Great Big Story, sebuah restoran bernama Cheong Jin Ok di Seoul menyajikan menu sup penghilang mabuk paling ampuh bernama Haejangguk. Restoran yang dibuka pada tahun 1973 ini kini telah dipegang oleh generasi ketiganya yang bernama Choi Joon-young. Menurut penuturan pemilik restoran tersebut, Haejangguk merupakan salah satu sup penghilang mabuk yang sangat berpengaruh dalam sejarah makanan Seoul.
Haejangguk terbuat dari rebusan tulang kaki, sanding lamur dan intestin dari sapi yang kemudian dicampurkan dengan pasta kedelai dan gumpalan dari darah sapi. Seluruh bahan kemudian direbus dengan tambahan kubis selama 24 jam lamanya. Dimasak dengan pot yang sangat besar, Haejangguk ini disajikan dengan nasi. Menurut Choi Joon-young, bahan-bahan yang digunakan dalam Haejangguk seluruhnya merupakan bahan yang dapat membersihkan tubuh dari rasa mabuk.
Nah jadi itulah Haejangguk, sup untuk penangkal ‘hangover’ yang populer di Korea.
Cara membuat:
Bahan-bahan
·         350g Kongnamul1 liter air
·         2 sdm daun bawang dipotong halus
·         1/2 sdm bawang putih dicincang halus
·         1 sdm kecap asin untuk sup
·         1 sdm garam
·         20g ikan teri
·         1 sdt terasi ebi
·         1 buah cabai hijau dipotong halus
·         1/2 sdm bubuk cabai merah
Cara membuat
1.     Rebus ikan teri dalam 1 liter air selama 30 menit lalu disaring
2.    Bersihkan Kongnamul
3.    Masukkan Kongnamul saat air kaldu ikan teri mendidih
4.    Masukkan bawang putih
5.    Bumbui dengan kecap asin untuk sup dan garam serta bubuk cabai merah
6.    Campurkan terasi ebi, daun bawang, dan cabai hijau
7.    Sajikan Sup Kongnamul dengan bumbu dari terasi ebi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar