Bulgogi

BULGOGI

Bulgogi (bahasa Korea: api, dan 고기 daging) adalah olahan daging asal Korea. Daging yang digunakan antara lain daging sirloin atau bagian daging sapi pilihan.
Bumbu bulgogi adalah campuran kecap asin dan gula ditambah rempah lain bergantung pada resep dan daerah di Korea. Sebelum dimakan, daun selada digunakan untuk membungkus bulgogi bersama kimchi, bawang putih, atau bumbu penyedap lain.
Di Jepang, makanan yang sejenis disebut Yakiniku. Dibandingkan dengan Yakiniku, bumbu daging untuk bulgogi dibuat lebih manis. Air pada bumbu cukup banyak sehingga daging tidak dipanggang di atas plat besi (teppan), melainkan di atas panci datar.
Ada banyak menu olahan lezat berbahan dasar daging sapi. Selain enak dibuat steak, menu ini menjadikan cocok dibuat campuran berbagai masakan lain seperti bakso, mie hingga soto. Jika Anda mengagendakan untuk berlibur di Korea Selatan, Anda wajib mencicipi bulgogi. Kepopuleran menu lezat ini telah merambah di berbagai negara, termasuk Indonesia. Tidak percaya? Tengok saja berapa jumlah restoran Korea yang kini berada di daerah Anda. Bahkan mie, sebuah makanan favorit jutaaan umat negeri ini kini diperkenalkan dengan sebuah varian baru bernama mie bulgogi. Penasaran dengan kelezatannya? Simak informasi menarik berikut ini!
Meski memiliki arti secara harafiah yang cukup unik yaitu “fire meat”, olahan daging khas Korea ini banyak menarik perhatian para pecinta olahan daging dari berbagai negara. Ada sumber yang mengatakan bahwa kata bulgogi sendiri berasal dari dialek Pyongan. Menu lezat yang diyakini berasal dari daerah Gaguryeo ini awalnya dikenal dengan nama maekjeok. Meski pada masa Dinasti Joseon bulgogi merupakan sebuah kuliner yang disajikan untuk orang kaya dan kaum bangsawan, kini menu ini menjelma menjadi menu berjuta umat.
Dikenal sebagai BBQnya Korea, bulgogi kini dapat dengan mudah dinikmati di berbagai restoran, baik di negeri asalnya maupun di Indonesia. Namun jika Anda penasaran untuk membuatnya sendiri, Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kegagalan. Mengapa demikian? Tak lain karena sudah menjadi rahasia umum kalau berbagi menu kuliner Korea ini selain dikenal lezat dan sehat, namun sangat mudah dibuat. Tidak percaya? Coba saja!
Pada dasarnya bulgogi merupakan olahan daging yang diiris tipis yang dicelupkan ke dalam saus yang terbuat dari berbagai bahan unik seperti jus buah pir, bawang putih, jahe, lada hitam, kecap dan gula merah. Untuk menghasilkan rasa yang lezat, campurkan bumbu dan irisan daging minimal selama 30 menit atau bahkan semalam suntuk. Jika Anda ingin menyimpannya selama semalam suntuk, jangan lupa untuk memasukkan campuran daging berbumbu ini ke dalam lemari pendingin. Selain menghindari daging terkontaminasi oleh bakteri pembusuk, cara ini disebut-sebut sebagai cara termudah mendapatkan rasa daging yang lezat. Setelah itu, panggang daging dengan tingkat kematangan sesuai selera. Mudah bukan?





cara membuat bulgogi:
Bahan yang dibutuhkan :
·         350 gram Daging Sapi Sirloin, kemudian anda iris tipis
·         Bumbu-bumbu yang dibutuhkan :
·         2 sendok makan Kecap Asin
·         2 sendok makan Kecap Manis
·         3 sendok makan Air
·         2 sendok makan Gula Pasir
·         1 sendok makan Madu
·         ½ sendok makan Minyak Wijen
·         1 sendok makan Wijen Sangrai/panggang
·         1 batang Daun Bawang, kemudian anda rajang halus
·         3 siung Bawang Putih, kemudian anda cincang halus
·         1 sendok teh Lada Hitam
·         ½ sendok teh Kaldu Bubuk
Nah setelah anda menyiapkan semua bahan dan bumbu-bumbunya,
Cara membuat resep bulgogi khas korea yang nikmat dan gurih :
1.     Pertama anda iris daging sapinya setipis mungkin.
2.    Selanjutnya anda siapkan mangkuk dan masukkan semua bumbu perendam, aduk hingga rata dan larut. Masukkan daging sapi yang sudah diiris dan anda tutup dengan platic wrap atau penutup lainnya. Rendamkan daging dan bumbunya selama 2 jam didalam kulkas.
3.    Kemudian anda siapkan wajan besi/hot plate atau bisa juga menggunakan penggorengan datar anti lengket yang ada. Lalu panaskan hingga benar-benar panas dan tuangkan dagingnya dan semua bumbu-bumbu rendaman kedalam wajan.
4.    Masak dagingnya diwajan atau panggangan hingga matang, sambil dibalik-balikkan. Jika anda menggunakan hot plate maka proses ini tidak membutuhkan waktu yang lama.
5.    Nah saat dagingnya telah matang dan empuk, bumbu perendamnya telah habis, anda matikan apinya. Taburi wijen panggang dan daun bawang, kemudian anda aduk rata.
6.    Sajikan bulgogi ini panas-panas langsung dari hot plate dengan nasi putih hangat.
7.    Nah seperti itulah proses pembuatan resep bulgogi yang sangat enak sekali saat disantap bersamaan dengan nasi putih hangat. Silahkan anda mencobanya sendiri didapur ya.



Tips :

Sebelum anda memotong daging sapinya, usahakan dagingnya anda masukkan dulu kedalam freezer hingga setengah beku, agar proses pemotongan dagingnya jadi lebih mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar