Miyeok Guk

MIYEOK GUK

Miyeok Guk (Sup rumput laut), 미역국
miyuk guk (미역국)
Miyeokguk merupakan guk yang bahan utamanya miyeok, (rumput laut coklat; Undaria pinnatifida). Kuahnya terbuat dari kaldu tulang sapi dan kecap. Menurut tradisi, orang Korea menyajikan sup rumput laut kepada ibu yang baru melahirkan karena dipercaya miyeok dapat memperbanyak ASI karena memiliki kandungan kalsium dan iodin yang tinggi, yang penting bagi kelancaran ASI. Umumnya, ibu hamil juga mengkonsumsi ini selama masa kehamilan. Selain itu, makan sup miyeok juga dilakukan pada hari ulang tahun. Karena untuk mengingatkan pada makanan pertama yang ibu mereka makan, yang juga berarti mereka konsumsi secara tidak langsung melalui ASI yang diberikan. Selain itu, bagi masyarakat Korea tradisi minum sup rumput laut saat ulang tahun ini dipercaya akan membawa keberuntungan selama setahun kedepan. Biasanya, sup ini dibuat dengan merendam rumput laut kering dalam air hingga lunak kemudian memasukkannya ke dalam air kaldu sapi atau ikan. Setelah itu sup dibumbui dengan kecap atau garam dan juga minyak wijen serta ditambah bawang putih sebagai pelengkapnya.

Bahan
·         70g Miyeok atau rumput laut kering
·         200g daging sapi bagian brisket
·         2 sdt minyak wijen
·         1 sdt kecap asin untuk sup
·         1 sdm bawang putih cincang halus
·         5 gelas air
Bumbu sup
·         1 sdm minyak wijen
·         sedikit kecap asin untuk sup atau garam
Cara Membuat
1.    Miyeok kering dicuci dan direndam dalam air selama 1~2 jam untuk menjadi lembut.
2.    Peras miyeok lalu  potonh dengan ukuran 2cm.
3.    Daging sapi bagian brisket dipotong panjang 2cm, lebar 3cm dan tebal 0,5cm. Bumbui dengan 2 sdt minyak wijen dan 1 sdt kecap asin untuk sup.
4.    Sangrai daging dengan 2 sdm air dalam panci. Ketika daging matang sekitar 2/3, masukkan miyeok dan bawang putih cincang halus. Masak 20 menit di atas api sedang.

5.    Masak lagi di atas api kecil selama 20 menit lalu digarami dengan kecap asin unutk sup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar